Indonesia Akui Keunggulan Korea Utara di Laga Terakhir Grup A

Indonesia harus mengakui keunggulan dari Korea Utara dengan skor telak 0-9, dalam laga terakhir penyisihan grup A Piala Asia U-17 Wanita yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (12/5).

Untuk mempertahankan momentum kemenangan mereka, Korea Utara memulai dengan penuh semangat dan unggul dalam satu menit setelah peluit pertama dibunyikan, Choe Il Son membuka rekening golnya di Indonesia 2024.

Sang penyerang mencetak gol keduanya pada menit ke-10 dan Kang Ryu Mi mencetak gol ketiga pada menit berikutnya, kedua kali umpan datang dari Jon Il Chong yang memanfaatkan ruang di sisi kiri.

Korea Utara melanjutkan dominasinya dengan Gadhiza Asnanza memungut bola dari gawangnya untuk keempat kalinya pada menit ke-14 setelah Ro Un Hyang melakukan tendangan kerasnya dari luar kotak penalti.

Setelah jeda singkat bagi Indonesia, Korea Utara menemukan angin kedua mereka ketika Ryu Mi berlari dua pertiga lapangan untuk memberi umpan kepada Il Son untuk menyelesaikan dengan mudah pada menit ke-38 sebelum gol selanjutnya dari Il Son (40), Un Hyang (44) dan Ryu Mi (45+3) memberi tim Asia Timur keunggulan 8-0 saat jeda.

Di awal babak kedua, Il Son melanjutkan apa yang dia tinggalkan, bertukar umpan dengan Ryu Mi sebelum mengalahkan Gadhiza di tiang dekat pada menit ke-47 untuk mencetak gol kelimanya dalam permainan tersebut.

Satoru Mochizuki, pelatih kepala tim U-17 wanita Indonesia sempat mengatur timnya untuk lebih kompak dan bertahan lebih dalam di babak kedua, selain kebobolan di awal babak, mampu mementahkan ancaman lawannya dalam jangka waktu lama di babak kedua.

Di awal babak kedua, Il Son melanjutkan apa yang dia tinggalkan, bertukar umpan dengan Ryu Mi sebelum mengalahkan Gadhiza di tiang dekat pada menit ke-47 untuk mencetak gol kelimanya dalam permainan tersebut.

Pelatih Indonesia asal Jepang itu juga sempat mengatur pasukan untuk lebih kompak dan bertahan lebih dalam babak kedua, selain kebobolan di awal babak, mampu mementahkan ancaman Korea Utara dalam jangka waktu lama di babak kedua.

Indonesia harus memberikan jalan ke babak semifinal sekaligus mempertahankan momentum mereka di kejuaraan ini.

Pasukan Song Sung Gwon selanjutnya akan menghadapi runner-up Grup B – baik Jepang atau Tiongkok – pada semifinal hari Kamis (16/5) di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Sumber: PSSI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *