SDN Mekarjaya 12 A Depok (KU 12) dan SDN Cipedak 01 Jakarta (KU 10) Juara MilkLife Soccer Challenge – Jakarta Series 1 2024

Juara, runner-up, dan semifinalis MilkLife Soccer Challenge – Jakarta Series 1 2024.

JAKARTA, 28 Mei 2025 – Pertandingan final MilkLife Soccer Challenge – Jakarta Series 1 2024 yang diselenggarakan di Kingkong Soccer Arena, Yon Kav 7, Cijantung, Jakarta Timur pada Selasa (28/5) berlangsung seru. Di Kategori Usia (KU) 12, SDN Mekarjaya 12 A sukses meraih gelar kampiun usai mengalahkan SDN Cipulir 03 dengan skor 3-0. Sementara pada KU 10, SDN Cipedak 01 berhasil keluar sebagai juara setelah menumbangkan UPTD SDN Mampang 1 dengan skor akhir 2-1.

Pada laga pamungkas KU 12, SDN Mekarjaya 12 A bermain cukup agresif dengan pola permainan menyerang. Babak pertama baru berjalan 4 menit, pemain bernomor punggung 10 yaitu Salsabila berhasil mengoyak pertahanan lawan. Aksi skill individual yang baik membuatnya cukup percaya diri untuk membobol gawang. Selang 3 menit setelahnya, giliran Andara Alisya memperkokoh kedudukan berkat tendangan kencang ke sudut gawang, setelah timnya mendapat hadiah penalti.

Letjen TNI (Purn) Marciano Norman yang juga Ketua Umum KONI Pusat turut hadir pada partai final MilkLife Soccer Challenge – Jakarta Series 1 2024.
Letjen TNI (Purn) Marciano Norman yang juga Ketua Umum KONI Pusat turut hadir pada partai final MilkLife Soccer Challenge – Jakarta Series 1 2024.

Masih di babak pertama, Salsabila memastikan kemenangan untuk timnya lewat gol kedua dengan memanfaatkan kemelut di kotak penalti. Hingga pluit panjang berbunyi, SDN Mekarjaya 12 A menang 3-0. Andara yang menyandang Best Player KU 12 mengatakan, kemenangan ini merupakan hasil kerja sama tim selama pertandingan 15 x 2 menit berlangsung. Terlebih lagi, aksi penjaga gawang yang cekatan menghalau tendangan-tendangan terjadinya gol.

“Bangga dan senang tim saya bisa menjadi juara MilkLife Soccer Challenge di Jakarta. Meskipun tadi di final lawannya cukup berat tapi kami bisa unggul. Kami akan berlatih lebih  giat lagi supaya di series berikutnya bisa mempertahankan gelar juara dan bermain maksimal,” ujar Andara yang sudah mengikuti latihan di SSB dari kelas 3 SD.

Sementara pada KU 10, jual beli serangan terjadi ketika SDN Cipedak 01 berhadapan dengan UPTD SDN Mampang 1. Kedua tim saling adu strategi untuk memimpin jalannya pertandingan. Namun sampai babak pertama berakhir, skor masih imbang 0-0. 

Pertandingan MilkLife Soccer Challenge – Jakarta Series 1 2024 Kategori Usia 10.
Pertandingan MilkLife Soccer Challenge – Jakarta Series 1 2024 Kategori Usia 10.

Di babak kedua, SDN Cipedak 01 berhasil mencetak gol lebih dulu lewat Khanza Lofa Azzahra. Pemain bernomor punggung 2 ini memanfaatkan kesalahan lempar dari kiper lawan yang membuat bola melaju ke arahnya. Namun UPTD SDN Mampang 1 berusaha mengejar ketertinggalan dengan membalas gol pada menit ke 25 oleh Siti Hawa Faadiyah. Dengan skor imbang, tim SDN Cipedak 01 bermain semakin agresif. Alhasil, dua menit setelahnya Madinah Alatas sukses menciptakan gol yang juga memastikan kemenangan untuk tim.

“Senang rasanya bisa membawa kemenangan untuk tim saya. Pertandingan final tadi seru banget hasil akhirnya skor tipis 2-1. Saya jadi semakin termotivasi untuk latihan rutin bareng tim dan semoga bisa ikutan MilkLife Soccer Challenge lagi,” ujar Madinah.

Kepala Pelatih MilkLife Soccer Challenge, Coach Timo Scheunemann mengatakan, sebanyak 368 peserta yang bertanding selama turnamen berlangsung dari 25 Mei hingga 28 Mei menunjukkan performa yang cukup gemilang. Tak sedikit dari mereka yang berhasil mencuri perhatian Coach Timo beserta jajaran pelatih, karena kemampuan mengolah ‘si kulit bundar’ dengan teknik dan mental yang baik.

“Kami sangat terkesan dengan aksi para peserta sepanjang turnamen bergulir. Hasil dari MilkLife Coaching Clinic yang saya bagikan ke pelatih ataupun guru, diaplikasikan oleh anak didiknya ketika bertanding. Namun setelah ini mereka harus lebih giat berlatih, baik di sekolah, di rumah atau sekalian di SSB. Jadi kemampuannya bisa semakin bagus. Dan ketika bertanding di Jakarta Series 2 ada peningkatan kualitas dari masing-masing individu,” ujar Timo.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin mengungkapkan, lahirnya para juara pada turnamen ini merupakan hasil dari proses pengembangan sepak bola putri di Indonesia yang rutin diselenggarakan bersama MilkLife. Ia optimistis, kesuksesan pada Jakarta Series 1 akan berdampak positif di gelaran series berikutnya, maupun pada MilkLife Soccer Challenge di kota lain.

“Antusias peserta maupun dukungan dari orang tua, guru, dan pihak terkait menjadikan kami lebih semangat untuk menyukseskan MilkLife Soccer Challenge. Dan dari turnamen ini, kami berharap agar kecintaan terhadap sepak bola putri semakin tumbuh dan meluas di masyarakat. Selamat kepada para juara dan semoga kemenangan ini menjadi lecutan motivasi untuk kalian berlaga pada turnamen di level lebih tinggi,” ujar Yoppy.

Letjen TNI (Purn) Marciano Norman yang juga Ketua Umum KONI Pusat turut hadir pada partai final MilkLife Soccer Challenge – Jakarta Series 1 2024. Ia mengapresiasi turnamen yang digagas oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation bersama MilkLife tersebut sebagai upaya menggerakkan ekosistem sepak bola putri di Tanah Air. Ia berharap, melalui turnamen seperti ini kelak timnas sepak bola putri Indonesia mampu berlaga di kontestasi tertinggi, yaitu Piala Dunia Wanita.

Letjen TNI (Purn) Marciano Norman yang juga Ketua Umum KONI Pusat turut hadir pada partai final MilkLife Soccer Challenge – Jakarta Series 1 2024.
Letjen TNI (Purn) Marciano Norman yang juga Ketua Umum KONI Pusat turut hadir pada partai final MilkLife Soccer Challenge – Jakarta Series 1 2024.

“Saya ucapkan selamat kepada peserta yang menjadi juara dan juga seluruh siswi yang berprestasi pada kegiatan ini. Saya juga ucapkan terima kasih kepada para orangtua dan guru yang telah mengizinkan anak-anaknya untuk ikut dalam event MilkLife Soccer Challenge ini,” ujarnya saat sambutan di tengah lapangan Kingkong Soccer Arena.

“Semoga ke depan, diantara anak-anak kita ini akan ada yang masuk timnas dan membuat kita bangga karena pestasinya. Sepak bola putri Indonesia sangat beruntung, karena saat ini banyak pihak yang memberi perhatian. Besar harapan saya kemajuan sepak bola putri akan lebih cepat dari pada sepak bola putra. Junjung terus sportivitas. Semoga ke depan semakin banyak tim yang ikut serta dalam MilkLife Soccer Challenge ini,” imbuh Marciano.

Pertandingan MilkLife Soccer Challenge – Jakarta Series 1 2024 Kategori Usia 10.
Pertandingan MilkLife Soccer Challenge – Jakarta Series 1 2024 Kategori Usia 10

Usai Jakarta, MilkLife Soccer Challenge – Tangerang Series 1 2024 juga mulai bergulir pada 28 Mei hingga 31 Mei mendatang. Turnamen yang diselenggarakan di Basecamp Dewa United ini diikuti oleh 376 peserta dari 25 Sekolah Dasar (SD) yang berasal dari Tangerang dan sekitarnya. Mereka tergabung dalam 35 tim yang terdiri dari 9 tim KU 10 dan 26 tim KU 12.

Berikut daftar pemenang MilkLife Soccer Challenge – Jakarta Series 1 2024:

Kategori Usia 10

Juara MilkLife Soccer Challenge – Jakarta Series 1 2024 Kategori Usia 10, SDN Cipedak 01.
Juara MilkLife Soccer Challenge – Jakarta Series 1 2024 Kategori Usia 10, SDN Cipedak 01.

Juara : SDN Cipedak 01

Runner-up : UPTD SDN Mampang 1

Semifinalis : SDN Sukamaju Baru 2 dan SDN Sukatani 7

Top Scorer KU 10 : Anindhita El Hebsyi (9 gol) – UPTD SDN Mampang 1

Best Player KU 10 : Naila Shakina Putri – SDN Sukatani 7

Best Goalkeeper KU 10 : Reisya Prameswari – SDN Sukamaju Baru 2

Fairplay Team KU 10 : SDN Sukamaju Baru 2

 

Kategori Usia 12

Juara MilkLife Soccer Challenge – Jakarta Series 1 2024 Kategori Usia 12, SDN Mekarjaya 12 A.
Juara MilkLife Soccer Challenge – Jakarta Series 1 2024 Kategori Usia 12, SDN Mekarjaya 12 A.

Juara : SDN Mekarjaya 12 A

Runner-up : SDN Cipulir 03

Semifinalis : SDN Kalisari 01 dan SDN Mekarsari 2 Depok 

Top Scorer : Annisah Herliman (17 gol) – SDN Cipulir 03 dan Clea Abelia (17 gol) – SDN Kalisari 01

Best Player : Andara Alisya – SDN Mekarjaya 12 A 

Best Goalkeeper : Nafa Aprilia – SDN Mekarjaya 12 A

Fairplay Team : SDIT Rahmaniyah B

Sepanjang tahun ini, MilkLife Soccer Challenge akan diselenggarakan sebanyak 18 kali di delapan kota yakni Kudus (Maret, Juni, September & Desember), Surabaya (Mei & September), Jakarta (Juni & November), Tangerang (Juni & November), Bandung (Juni & Oktober), Yogyakarta (Juli & Oktober), Solo (Juli & Oktober) dan Semarang (Agustus & November).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *