1.868 Atlet Muda Berpartisipasi dalam Kejuaraan Pencak Silat SBCC

Pergelaran Silat Benteng Cisadane Championship (SBCC) ketiga kali ini ramai diikuti 1.868 atlet muda pencak silat dari berbagai daerah. Acara ini diadakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang bersama Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Kepala Dispora Kota Tangerang, Kaonang di Tangerang Sabtu mengatakan SBCC ketiga dilaksanakan di Mall Balekota tanggal 1- 3 Maret 2024.

SBCC telah bertahun-tahun dikenal sebagai perhelatan pencak silat paling bergengsi di Kota Tangerang. Tidak hanya hadiah bergengsi, perhelatan ini telah terbukti menghasilkan banyak atlet muda pencak silat kebanggaan Kota Tangerang,” kata Kaonang, dikutip dari ANTARA, Sabtu, 2 Maret.

Perhelatan SBCC 3 dinilai menjadi ajang pencarian bibit-bibit atlet muda pencak silat, khususnya di Kota Tangerang. Ajang ini berisi kategori perlombaan yang berjenjang mulai dari kategori umur Sekolah Dasar (SD), kategori umur Sekolah Menengah Pertama (SMP), kategori umur Sekolah Menengah Atas (SMA), sampai kategori umum yang diikuti perwakilan dari organisasi atau perguruan resmi anggota IPSI.

Alhamdulillah, antusiasme di perhelatan ini terlihat luar biasa. Bahkan, sudah terdapat ribuan atlet muda di berbagai kategori dari berbagai daerah yang siap bertanding dan menguji kemampuannya, mulai dari Tangerang Raya, Banten, Jakarta, sampai beberapa dari luar Jawa,” ujarnya.

Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin mengapresiasi antusias para atlet dan perguruan silat yang berpartisipasi dalam kejuaraan yang juga dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 Kota Tangerang.

Ia berharap kejuaraan tersebut dapat semakin menambah minat dan semangat serta motivasi masyarakat khususnya generasi muda untuk melestarikan seni dan budaya lokal terutama pencak silat yang merupakan budaya asli Indonesia.

Silat saat ini kan sudah ada di 71 negara dan ini bukti bahwa kebudayaan kita diapresiasi oleh negara lain. Oleh karena itu, kita harus terus mengembangkan semangat dan kebanggaan terhadap silat yang merupakan budaya asli Indonesia dengan event-event seperti ini,” katanya.

Ia juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus mendukung dan menyemarakkan event-event yang diselenggarakan di Kota Tangerang.

Kemarin pada perayaan HUT Kota, Pemerintah Kota Tangerang telah meluncurkan Calendar Event Kota, sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi event-event apa saja yang dapat dikunjungi termasuk salah satunya Kejuaraan SBCC ini,” pungkasnya.

Sumber: VOI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *