Timnas E-sport eFootball Indonesia Juara AFC eAsian Cup 2023

Indonesia menunjukkan kehebatannya dalam bermain gim eFootball dengan menjuarai AFC eAsian Cup 2023 atau Piala Asia versi eSports.

Di eAsian Cup 2023 yang menyajikan pertandingan eFootball antarnegara-negara peserta turnamen sepak bola Piala Asia 2023, Indonesia menjadi juara. Gelar tersebut didapat setelah mengalahkan Jepang dalam partai final yang digelar di Virtuocity eSports Arena, Doha, pada Senin (5/2/2024).

Indonesia 3-2 lewat adu penalti setelah imbang 1-1 pada pertandingan pertama. Kemudian pada pertandingan kedua, Indonesia menang lagi dengan skor 1-0.

Di eAsian Cup 2023, Indonesia awalnya bermain di babak penyisihan grup melawan Vietnam dan Jepang hingga lolos ke perdelapan final. Selanjutnya, Indonesia mengalahkan Korea Selatan dan Uni Emirat Arab di perdelapan final dan perempat final.

Di semifinal, Indonesia bertemu dengan Thailand. Kembali menang, Indonesia akhirnya melaju ke partai final dan berhadapan dengan Jepang lagi hingga akhirnya mengunci gelar juara.

Laporan di laman resmi AFC menyebut laga final pertama awalnya dikontrol oleh Jepang hingga membuat Indonesia kesulitan menembus lini pertahanan sang lawan. Namun, Indonesia mampu mencetak gol pada menit ke-80.

Sayangnya, keunggulan Indonesia tidak bertahan lama karena Jepang langsung mencetak gol balasan tak lama kemudian. Pertandingan pun berlanjut ke perpanjangan waktu, lalu berakhir dengan adu penalti yang dimenangi Indonesia.

Pada laga final kedua, duel lagi-lagi berlangsung ketat. Kali ini, Indonesia dan Jepang bermain imbang tanpa gol hingga waktu normal usai sehingga kedua tim kembali harus melakoni perpanjangan waktu. Beruntung, Indonesia mencetak gol dengan memanfaatkan situasi tendangan bebas pada menit ke-100.

Mengenal eAsian Cup 2023

Piala Asia 2023 ini adalah momen di mana eAsian Cup diselenggarakan untuk yang pertama kalinya. Oleh karena itu, Indonesia menobatkan diri sebagai juara eAsian Cup pertama dalam sejarah.

Di eAsian Cup, para pemain menunjukkan kebolehannya dalam memainkan eFootball 2024, gim buatan perusahaan asal Jepang, Konami. Pertandingan digelar menggunakan PS5 yang merupakan konsol gim termutakhir saat ini.

Setiap pertandingan dimainkan dengan format 2v2 alias satu tim terdiri dari dua orang. Satu pertandingan dimainkan dalam waktu 12 menit.

Negara-negara peserta turnamen sama seperti yang mengikuti Piala Asia 2023. Hanya saja, tim yang berlaga hanya 20 dan bukannya 24. Sebab, ada empat negara yang tidak mengirimkan pemain ke eAsian Cup, salah satunya Irak yang seharusnya berada satu grup dengan Indonesia.

Sumber: GNFI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *